Presiden Akan Bentuk Tim Koordinasi Pengembangan Bioenergi

July 31, 2006 at 4:24 am Leave a comment

  

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membentuk tim nasional yang bertugas menjalankan cetak biru kebijakan pengembangan bioenergi. Demikian dilaporkan oleh Kantor Berita Nasional Antara tanggal 3 Juli 2006 dari Magelang, Jawa Tengah.

“Hasil dari rapat ini diharapkan melahirkan kebijakan-kebijakan pengembangan bioenergi. Kita akan susun tim nasional yang akan mengkoordinasikan dan menindaklanjuti rapat malam ini,”kata Presiden saat membuka rapat terbatas soal bioenergi di Desa Grabag, Magelang,Jawa Tengah, hari Sabtu malam tanggal 1 Juli 2006.Menurut presiden, pengembangan bioenergi sebagai energi alternatif sangat diperlukan sebagai bagian kebijakan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.   

“Meski hari Sabtu dan Minggu hari libur, kita mengemban amanah mulia untuk memusatkan pikiran, kepedulian dan komitmen untuk bersama menyusun kebijakan dan aksi nasional yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,”kata Presiden.   

Presiden menyebutkan rapat yang akan berlangsung dua hari ini meskipun dilakukan tanpa terlalu formal, namun membahas permasalahan yang sangat substansial.Dalam rapat malam ini, Presiden akan memaparkan pandangan dan arahannya untuk meningkatkan perekonomian dengan pengembangan bioenergi dengan tema “Post Crisis New Deal And Bio-energi Action Plan.  

Kemudian akan dilanjutkan paparan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengenai kebijakan nasional di bidang energi.Selanjutnya pada Minggu pagi setelah berolahraga jalan kaki di kebun kopi, agenda rapat disambung dengan paparan oleh Menristek Kusmayanto Kadiman dan Meneg BUMN Sugiharto mengenai koordinasi pengembangan bioenergi.

Setelah makan siang, rapat diteruskan dengan penyusunan cetak biru atau road map yang berisi rencana kerja pengembangan bioenergi dikaitkan dengan percepatan penciptaan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan. Hadir dalam rapat itu Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Perekonomian Boediono, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Mohammad Ma’ruf, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Menhut MS Kaban, Meneg Koperasi dan UKM Suryadharma Ali, Meneg Pembangunan Daerah Tertinggal Syaifullah Yusuf dan Meneg Perencanaan Pembangunan Nasional Paskah Suzetta.Hadir juga sejumlah pejabat BUMN seperti Dirut Bank Mandiri Agus Martowardoyo, Dirut BTN Kodradi, Dirut BRI Sofyan Basyir dan Kepala BPS Rusman Heriawan.Turut hadir sejumlah kepala daerah yaitu Gubernur Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumsel, Bengkulu dan NTB.

Kepala BPS Rusman Heriawan di tempat tersebut mengatakan pengembangan bioenergi harus meliputi sisi produksi, konsumsi dan distribusi.Untuk sisi produksi pengembangannya harus melihat kemampuan untuk mengadopsi teknologi pembuatan bioenergi.Sementara dari sisi konsumsi, harus disiapkan perubahan perilaku masyarakat dari kebiasaan mengkonsumsi BBM konvensional menjadi konsumsi bioenergi.“Harus diperhitungkan waktu transisi mengubah perilaku masyarakat dari konsumsi BBM ke energi yang baru.

Ini membutuhkan pilot project sebelum menjadi program nasional,” katanya.Sedangkan sisi distribusi juga harus dipikirkan, karena tanpa distribusi bioenergi yang lancar, masyarakat akan enggan untuk mengkonsumsinya.(Tim IFA, July 2006)

Entry filed under: Tanaman Perkebunan, Uncategorized. Tags: .

Sawah yang kekeringan akan mendapat kompensasi kerugian Budidaya Bawang Merah Di Luar Musim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2006
M T W T F S S
« Jan   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: